Sabtu, 30 Mei 2020

Desa Pallawa Wisata Budaya Di Toraja Utara


Desa Pallawa adalah sebuah deretan rumah tradisonal yang terdiri dari puluhan tongkonan serta alang yang merupakan bentuk khas arsitektur dari Toraja . deretan rumah tradisional ini telah dibentuk kurang lebih 230 tahun yang lalu .

Desa Pallawa


Ada banyak daerah yang masih menjunjung tinggi adat dan tradisi di Toraja. Salah satunya adalah Desa Pallawa. Desa ini memiliki Tongkonan Palawa, rumah tradisional dengan atap menyerupai perahu. Biasanya terbuat dari bambu dan digunakan sebagai badan penyimpanan.

Baca Juga : Tempat Wisata Di Toraja Yang Wajib Dikunjungi

Lokasi

Desa Pallawa ,  Toraja Utara , Sulawesi selatan

Rute Menuju Ke Lokasi

Dari Makassar kalian harus menuju ke Rantepao terlebih dalu dengan lama perjalanan sekitar 8-10 jam melalui transportasi darat . kemudian setelah sampai di rantepao kalian bisa menyewa kendaraan atau menggunakan taksi.

Butuh waktu sekitar 30 menit perjalanan dari Rantepao,, untuk link ke banyak nuansa lain dari sejarah ini. wisatawan jalan sepanjang 12 kilometer ke utara.

Baca Juga : Desa Kete Kesu Warisan Budaya Toraja


Harga Tiket

Tiket Masuk untuk wisatawan domestik Rp.10.000 dan untuk turis internasional Rp.20.000


Aktivitas

Sama seperti desa-desa lainnya di Tana Toraja, Pallawa mewakili kehidupan berapa lokal. Ini adalah destinasi yang ideal bagi mereka yang suka sejarah dan budaya. Itu karena desa memiliki cerita yang menarik. Beberapa penduduk desa dapat memberitahu Anda tentang hal itu. Secara historis, ada seorang pria bernama Tomadao dari Gunung Sesean. Ia bertemu dengan seorang wanita bernama Tallo Kalena Mangka. Mereka memutuskan untuk menikah dan hidup di bagian timur Pallawa. Dari pernikahan mereka, mereka memiliki seorang putra bernama Datu Muane. Kemudian, Datu Lai Rangri menikah dan membuat pemukiman baru bernama Pallawa.

desa pallawa


Saat ini, Pallawa telah menarik banyak pengunjung. pemukiman ini memiliki karakteristik yang unik, yaitu Tongkonan. Ada 11 dari mereka. Belum lagi bahwa ada 15 gudang besar. Penduduk setempat menyebutnya dengan alang. Di depan rumah, ada tanduk kerbau. Dari segi bentuk, mirip dengan rumah tradisional Tongkonan Padang. Beberapa orang mengatakan dua budaya tersebut saling terkait satu sama lain. Tidak ada yang bisa memberitahu penyebabnya.

Baca Juga : Londa Wisata Warisan Budaya Toraja

Karena budaya dan keindahan yang masih sangat alami, desa Pallawa layak dikunjungi. pembentukan tongkonan, sejarah dan budaya lokal adalah daya tarik utama desa. Juga, Anda harus mencoba makanan mereka. Sebagai contoh, ada Pantollo 'Lendong. Hal ini dibuat dari daging belut. makanan terkenal lainnya Pa'piong. Bahkan, ada pilihan lain. Yang perlu Anda lakukan adalah berbicara dengan penduduk desa dan mencoba makanan lokal mereka.


0 komentar:

Posting Komentar